Jembatan timbang merupakan solusi penimbangan yang sangat andal dan serbaguna, sehingga dapat digunakan di berbagai industri. Timbangan ini terkenal dengan daya tahannya dan kinerja tinggi yang konsisten. Dan, jika dipelihara dan diservice dengan benar, jembatan timbang merupakan investasi jangka panjang yang dapat digunakan minimal selama 20 tahun.

Tidak diragukan lagi, cara terbaik untuk memastikan Anda menerima keuntungan maksimal atas investasi jembatan timbang Anda adalah dengan menerapkan jadwal pemeliharaan yang rutin dan mendalam. Jadi, untuk membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari jembatan timbang Anda, pada kesempatan kali ini, tim ahli jembatan timbang kami akan membagikan beberapa panduan mengenai servis, pemeliharaan, dan kalibrasi jembatan timbang.

Gewinn Scale memproduksi, memasok, memasang, dan memelihara jembatan timbang untuk klien di seluruh Indonesia. Jika Anda sedang mencari jembatan timbang baru, atau membutuhkan jasa service perbaikan dan perawatan jembatan timbang, silakan hubungi Gewinn Scale sekarang juga. Kami siap membantu Anda kapan saja.

MENGAPA PEMELIHARAAN RUTIN PENTING UNTUK JEMBATAN TIMBANG?

Pemeliharaan jembatan timbang secara teratur penting dilakukan karena beberapa alasan utama:

  1. Mengurangi resiko bahaya keselamatan
    Jika jembatan timbang tidak dirawat dengan baik, hal ini dapat menimbulkan bahaya keselamatan yang signifikan. Ini adalah salah satu alasan terpenting untuk menerapkan jadwal pemeliharaan rutin.
  2. Memastikan akurasi timbangan
    Pemakaian timbangan setiap hari dapat secara bertahap memengaruhi keakuratan pembacaan jembatan timbang. Jika dibiarkan, hal ini dapat menyebabkan pengukuran beratnya menjadi salah. Namun melalui pemeliharaan rutin, masalah apa pun pada pembacaannya dapat diidentifikasi dan diperbaiki, sebelum masalah tersebut menjadi lebih besar.
  3. Mencapai masa kerja jembatan timbang secara optimal
    Pemeliharaan sangat penting untuk memastikan jembatan timbang Anda berumur panjang, dan menjaganya tetap beroperasi pada kinerja puncak sepanjang masa kerjanya.
  4. Menghemat biaya perbaikan atau penggantian
    Karena jembatan timbang merupakan perangkat yang cukup mahal, ada baiknya berinvestasi dalam pemeliharaan rutin. Hal ini karena pemeliharaan tidak hanya dapat membantu memperpanjang masa pakai teknologi, namun dengan mengidentifikasi masalah sebelum menjadi lebih parah, pemeliharaan secara signifikan mengurangi risiko diperlukannya perbaikan yang mahal atau bahkan penggantian timbangan.
  5. Mematuhi peraturan yang berlaku
    Jadwal pemeliharaan jembatan timbang rutin akan memastikan bahwa timbangan Anda beroperasi dengan mematuhi semua standar peraturan dan persyaratan hukum yang diwajibkan.

Sebagai sistem operasional yang penting dan sebuah peralatan yang jika tidak dirawat dapat menimbulkan bahaya keselamatan yang signifikan, diperlukan program pemeliharaan yang terstruktur, teratur, dan preventif.

Dalam umumnya, pemilik atau pengelola jembatan timbang disarankan untuk melakukan servis pemeliharaan jembatan timbang minimal satu tahun sekali. Namun, dalam beberapa kasus, jadwal pemeliharaan yang lebih teratur mungkin diperlukan.

Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi berapa seringnya jembatan timbang membutuhkan pemeriksaan servis pemeliharaan antara lain:

LANGKAH APA SAJA YANG DILAKUKAN DALAM PEMELIHARAAN JEMBATAN TIMBANG?

Tujuan service pemeliharaan jembatan timbang adalah untuk memastikan jembatan timbang berfungsi dengan aman dan akurat, dan untuk mengidentifikasi kemudian mengatasi setiap kekurangan atau masalah yang ditemukan.

Rincian service pemeliharaan mungkin sedikit berbeda, tergantung pada jenis dan model jembatan timbang tertentu, serta cara penggunaannya. Namun, servis pemeliharaan preventif standar dan reguler biasanya terdiri dari:

  1. Memeriksa keakuratan pembacaan berat dan kalibrasi jembatan timbang
  2. Inspeksi visual untuk mengidentifikasi kerusakan, korosi, atau area yang mengalami keausan, kerusakan, atau korosi yang signifikan. Hal ini mencakup inspeksi visual terhadap geladak jembatan timbang dan area masuk-keluar, peralatan apa pun (seperti terminal pengemudi, sensor ujung, kamera, dan penghalang lalu lintas), serta pemasangan kabel, kotak persimpangan, dan lubang kabel
  3. Pembersihan dengan menghilangkan serpihan, kotoran, dan kelembapan berlebihan dari jembatan timbang, yang dapat mempengaruhi kinerjanya. Hal ini mencakup pembersihan dek jembatan timbang, area pendekatan, terminal pengemudi, lampu lalu lintas, dan kamera
  4. Pemeriksaan sel beban dan drainase
  5. Pelumasan bagian yang bergerak
  6. Perbaikan dan penggantian komponen yang rusak jika diperlukan
    Dokumentasi kegiatan pemeliharaan, dan pekerjaan perbaikan atau penggantian apa pun yang diperlukan.

APA ITU SERVICE JEMBATAN TIMBANG DAN MENGAPA GARUS DILAKUKAN?

Service jembatan timbang adalah bagian penting untuk memastikan jembatan timbang Anda berfungsi dengan aman, efisien, dan akurat. Layanan komprehensif ini mencakup serangkaian proses utama, pembersihan, pelumasan, dan perbaikan atau penggantian komponen yang rusak, ditambah inspeksi jembatan timbang secara menyeluruh.

Servis jembatan timbang pada umumnya harus dilakukan setiap 6 bulan sekali. Hal ini harus dilakukan bersamaan dengan pemeriksaan dan pembersihan visual secara berkala, untuk memastikan jembatan timbang Anda berfungsi sebagaimana mestinya secara konsisten.

APA ITU KALIBRASI JEMBATAN TIMBANG DAN MENGAPA HARUS DILAKUKAN?

Kalibrasi jembatan timbang adalah proses pengecekan keakuratan pengukuran jembatan timbang, dimana kemudian akan dilakukan penyesuaian jika diperlukan. Proses kerjanya adalah dengan membandingkan hasil pembacaan dari jembatan timbang, dengan anak timbangan yang telah diketahui nilai beratnya. Kalibrasi jembatan timbang adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa pembacaan berat aktual yang diberikan oleh jembatan timbang Anda sudah benar.

Kalibrasi jembatan timbang perlu dilakukan setiap minimal satu tahun sekali oleh perusahaan bersertifikat, menggunakan anak timbangan yang dapat ditelusuri ke Standar Nasional.

Ada sejumlah alasan utama mengapa kalibrasi jembatan timbang sangat penting dilakukan, antara lain:

  1. Mematuhi hukum
    Pemilik jembatan timbang yang digunakan untuk perdagangan memiliki tanggung jawab hukum untuk melakukan kalibrasi, dan memastikan bahwa jembatan timbang mereka mengukur berat sesuai toleransi hukum yang ditentukan
  2. Keselamatan
    Jembatan timbang yang tidak akurat dapat mengakibatkan kelebihan muatan pada kendaraan
  3. Akurasi dan keandalan layanan
    Penimbangan yang salah juga dapat mengakibatkan hilangnya keuntungan atau pelanggan
  4. Efisiensi operasi

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan jasa service jembatan timbang, pemeliharaan jembatan timbang, dan kalibrasi jembatan timbang, atau Anda ingin menerapkan jadwal rutin untuk perawatan jembatan timbang Anda, GEWINN SCALE siap membantu Anda. Hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan konsultasi gratis dan reservasi service jembatan timbang Anda.