Kami yakin, anda sebagai pelaku penggerak industri, mengetahui bahwa meskipun jembatan timbang merupakan alat timbangan industri yang sangat penting fungsinya, namun juga mengharuskan anda mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan jembatan timbang yang berkualitas. Karena itu, sangat penting untuk menjaga tingkat keefektifan timbangan truk yang anda miliki selama mungkin agar anda tidak perlu terlalu sering memperbaiki atau bahkan mengganti timbangan lama dengan timbangan baru. Pada artikel kali ini, Gewinn Scale akan memberikan beberapa tips cara memperpanjang jembatan timbang anda agar dapat secara efisien menimbang secara akurat dalam jangka waktu selama mungkin.

Jembatan timbang didesain untuk dapat menimbang kendaraan besar dan berat secara akurat. Biasanya jembatan timbang menggunakan sistem modul dan terbuat dari besi baja atau beton atau campuran antara keduanya. Timbangan truk memiliki kapasitas berat maksimum yang sangat besar, bisa mencapai 250 ton atau lebih. Karena itu materi bahan baku, struktur desain, dan load cell harus sangat kuat dan memiliki daya tahan lama sehingga menjamin penimbangan yang akurat dalam periode jangka waktu yang panjang.

Beberapa Cara Memperpanjang Umur Jembatan Timbang Anda

Untuk memperpanjang umur jembatan timbang dan juga memotong biaya yang tidak perlu akibat kerusakan timbangan truk, diperlukan pemakaian timbangan yang benar, serta pemeliharaan dan perawatan timbangan secara rutin. Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memperpanjang umur jembatan timbang anda:

Hindari Kendaraan Berada di Atas Platform Timbangan Dalam Waktu Lama

Kendaraan hanya boleh berada di atas timbangan pada saat proses penimbangan saja. Hindari kendaraan berada di atas platform timbangan setelah atau sebelum proses penimbangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya overload struktur timbangan dan load cell.

Kendaraan Tidak Boleh Melakukan Pergerakan Mendadak Saat Masuk dan Keluar Jembatan Timbang

Pergerakan kendaraan yang tiba-tiba, kasar atau mendadak di atas platform timbangan dapat merusak struktur timbangan truk dan juga membahayakan keselamatan kerja.

Jangan Melebihi Kapasitas Berat Maksimum Timbangan

Meskipun dibuat dengan bahan baku pilihan, jembatan timbang tidak akan dapat bekerja secara optimal apabila digunakan melebihi kapasitas berat maksimum yang telah ditentukan. Bahkan praktik menimbang di atas kapasitas ini dapat merubah hasil nilai timbangan dan bahkan memberik kererusakan pada timbangan truk anda.

Bersihkan Timbangan Truk Anda Dari Kotoran dan Genangan Air

Berbagai kotoran seperti pasir, debu, dan genangan air serta tumpukan kotoran lainnya dapat mempengaruhi hasil nilai penimbangan menjadi lebih tinggi dari nilai sebenarnya dan juga dapat menghambat akses keluar masuk kendaraan. Karena itu pastikan anda membersihkan jembatan timbang anda secara rutin.

Periksa Kondisi Umum Timbangan

Setiap hari sebelum membuka timbangan, periksa apakah indikator berada stabil pada angka nol, periksa apakah permukaan platform timbangan anda rata, periksa apakah sisi timbangan menempel pada permukaan tembok, periksa apakah timbangan miring ke satu arah, dan periksa apakah ada karat pada platform atau komponen timbangan lainnya. Kondisi umum timbangan merupakan faktor yang harus sangat diperhatikan. Karena itu jika anda menemukan ada masalah kecil pada timbangan, segera lakukan perbaikan.

Periksa Platform, Batang Utama dan Batang Pendukung Timbangan

Periksa platform timbangan truk anda secara rutin untuk mencegah kerusakan dalam jangka waktu ke depan. Jika anda melihat ada sedikit kerusakan pada platform timbangan, anda dapat mencoba memperbaiki kerusakan tersebut daripada mengganti semua platform timbangan. Anda juga harus memeriksa dengan seksama batang utama dan batang pendukung timbangan anda. Jika ada sambungan yang lepas, retak, atau karat, itu berarti ada permasalahan struktur yang harus segera diperbaiki.

Periksa Bumper Jembatan Timbang

Pastikan jarak bumper pada jembatan timbang anda dengan tembok pit tidak terlalu lebar namun juga tidak menempel ke tembok. Idealnya, jarak antara bumper dan tembok pit adalah sekitar setengah sentimeter atau 5 milimeter. Sebaiknya periksa jarak bumper ini setidaknya 2 kali setiap tahun.

Jauhkan Tikus Dari Timbangan

Tikus dapat memberikan kerusakan yang cukup berarti terutama pada kabel timbangan. Kebanyakan jembatan timbang dipasang sedikit di atas atau sama rata dengan permukaan tanah, karena itu tikus dapat dengan mudah mencapai timbangan anda. Periksa apakah ada kabel yang digigit tikus atau bahkan kabel yang terbakar. Solusi paling mudah untuk menghindari gigitan tikus pada kabel adalah dengan menggunakan sistem pemipaan kabel.

Periksa Junction Box

Buka junction box pada timbangan truk anda, dan periksa apakah ada kotoran atau apakah ada pengembunan akibat uap lembab. Junction box berisikan perangkat elektronik, karena itu air di dalam junction box dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat listrik timbangan.

Dengan mengikuti beberapa tips dan saran di atas, anda dapat memperpanjang umur dan daya tahan jembatan timbang anda serta menghindari pengeluaran yang tidak perlu untuk perbaikan besar atau penggantian timbangan lama dengan timbangan baru.

Hanya beli jembatan timbang dari perusahan manufaktur terpercaya, dan apabila anda memiliki pertanyaan mengenai jasa perawatan dan perbaikan jembatan timbang terbaik di Indonesia, anda dapat menghubungi kami langsung untuk mendapatkan konsultasi gratis.