Apabila anda memiliki jembatan timbang, maka anda harus mengetahui betapa pentingnya proses kalibrasi pada jembatan timbang untuk selalu mendapatkan nilai hasil penimbangan yang akurat. Jika timbangan anda tidak akurat, maka akan banyak hal yang terpengaruh, seperti harga total produk, kuantitas material, hingga masalah hukum akibat pelanggaran berat maksimum. Anda harus selalu memastikan jembatan timbang anda berada dalam kondisi yang baik dan akurat.

Ada beberapa faktor yang seringkali mempengaruhi keakuratan jembatan timbang. Pertama adalah kualitas jembatan timbang itu sendiri, termasuk kualitas load cell, indikator, bahan dasar platform timbangan, hingga desain struktur timbangan dan kualitas perangkat hardware pendukung lainnya.

Faktor kedua yang juga harus diperhatikan adalah kalibrasi jembatan timbang. Sangat penting untuk memastikan kalibrasi dilakukan dengan benar. Namun sebelumnya untuk memastikan proses kalibrasi mendapatkan hasil yang akurat, sangat penting untuk memastikan jembatan timbang anda sebelumnya juga berada dalam kondisi yang baik.

Berapa Sering Sebaiknya Kalibrasi Jembatan Timbang Dilakukan ?

Jawaban singkatnya: jembatan timbang anda harus dikalibrasi sesering mungkin. Jika jembatan timbang anda tidak berada dalam toleransi legal, maka anda dapat terkena berbagai masalah hukum seperti denda, atau bahkan jembatan timbang anda harus ditutup. Karena masalah ini seringkali disebabkan karena timbangan tidak dikalibrasi, maka pemilik jembatan timbang harus memastikan untuk melakukan kalibrasi timbangan sesering mungkin untuk memastikan timbangan anda selalu berada di dalam batas toleransi.

Jadi berapa banyak kalibrasi yang sesering mungkin itu ? Idealnya, lakukan kalibrasi setiap 6 bulan atau paling lama setiap 1 tahun sekali. Anda juga harus melakukan kalibrasi setelah anda melakukan suatu penambahan atau penggantian perangkat jembatan timbang.

Kalibrasi timbangan akan memeriksa titik nol timbangan, kapasitas maksimum, dan berbagai informasi penting lainnya. Kalibrasi jembatan timbang harus dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya dilakukan oleh teknisi profesional. Hal ini dikarenakan, meskipun jembatan timbang anda tidak sengaja overloading karena kalibrasi yang salah, anda tetap akan terkena denda.

Pastikan anda memiliki jadwal perawatan dan kalibrasi rutin untuk memastikan jembatan timbang anda berada dalam kondisi terbaik setiap saat.

Jika anda membutuhkan teknisi profesional untuk melakukan kalibrasi jembatan timbang secara cepat dan akurat, anda dapat menghubungi Gewinn Scale. Kami menyediakan jasa layanan kalibrasi jembatan timbang segala merk untuk semua lokasi di Indonesia.

Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap di sini.