sistem jembatan timbang otomatis tanpa operator

Jembatan timbang memiliki tanggung jawab besar untuk bisnis apa pun. Timbangan ini membutuhkan investasi besar di hampir semua bidang, baik itu waktu, ruang atau finansial. Anda sebelumnya mungkin telah mengetahui kalau jembatan timbang membutuhkan ruang lokasi yang cukup luas, dan dan Anda tentunya juga mengetahui berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan timbangan berkualitas untuk bisnis usaha Anda.

Namun, yang mungkin belum Anda sadari adalah berapa banyak waktu dan sumber daya yang dibutuhkan jembatan timbang untuk beroperasi.

Jembatan timbang selama ini harus selalu ditunggui petugas selama timbangan beroperasi. Hal ini agar petugas dapat menimbang, membandingkan, mencatat data, dan mengirimkannya ke bagian bisnis yang relevan. Proses ini setidaknya membutuhkan minimal satu atau dua karyawan penuh waktu. Berikutnya adalah perawatan dan pemeliharaan yang perlu dilakukan secara rutin untuk memastikan umur investasi jembatan timbang Anda lebih panjang. Anda dapat membaca tentang ini lebih lanjut di artikel cara meningkatkan daya tahan truk.

Jadi kesimpulannya jembatan timbang merupakan komitmen serius untuk bisnis, tetapi jembatan timbang tidak harus menjadi beban yang sangat besar. Tahukah Anda bahwa Anda dapat mengotomatiskan beberapa proses timbangan untuk menghemat waktu dan uang perusahaan Anda?

Mengotomatiskan Sistem Jembatan Timbang

Metode utama mengotomatiskan jembatan timbang adalah dengan beralih ke sistem otomatis tanpa operator. Jembatan timbang tanpa operator, juga dikenal sebagai jembatan timbang yang dioperasikan sendiri oleh pengemudi, adalah jembatan timbang dimana input, identifikasi, dan data dilakukan langsung oleh pengemudi kendaraan, bukan oleh operator jembatan timbang.

Jembatan timbang yang dioperasikan pengemudi ini menempatkan terminal pada posisi yang dapat diakses langsung oleh pengemudi, melalui jendela kendaraan. Hal ini memungkinkan mereka untuk memasukkan semua informasi yang relevan tanpa perlu turun dari kendaraan sehingga mempercepat waktu pemrosesan. Sistem identifikasi RFID juga dapat diterapkan untuk mengidentifikasi pengemudi atau kendaraan secara otomatis, memastikan detailnya, dan memperkenalkan manfaat keamanan tambahan lainnya.

terminal jembatan timbang otomatis

Terminal kemudian secara otomatis akan menyampaikan informasi ke bagian bisnis yang relevan.

Persyaratan utama pengoperasian jembatan timbang adalah bahwa jembatan timbang dinolkan sebelum penimbangan dan kendaraan diposisikan dengan benar di jembatan timbang. Biasanya, hal ini adalah sesuatu yang mungkin tidak dapat dilakukan sendiri oleh seorang pengemudi tanpa pelatihan yang cukup.

Namun sistem otomatis jembatan timbang dapat memandu pengemudi secara otomatis dengan sensor dan gerbang penghalang untuk mencegah pengemudi dari masuk keluar timbangan terlalu cepat. Timbangan juga dilengkapi dengan kamera pengawas CCTV untuk mengawasi dan merekam proses penimbangan. Timbangan akan secara otomatis menolkan pembacaan berat, membuka palang gerbang masuk dan memungkinkan pengemudi naik ke jembatan timbang. Setelah penimbangan selesai dilakukan, gerbang keluar akan terbuka dan kendaraan dapat keluar dari platform penimbangan. Perangkat lunak pada timbangan kemudian dapat diintegrasikan dengan perangkat lunak yang ada di perusahaan untuk memberikan informasi kepada manajemen atau pihak berwenang lainnya.

Siapa Saja Yang Dapat Mengotomatisasi Jembatan Timbang?

timbangan truk otomatis dengan gerbang buka tutup otomatis

Setiap perusahaan yang menggunakan jembatan timbang dengan operator dapat beralih ke sistem otomatis dengan relatif mudah. Sistem timbangan truk otomatis ini sangat cocok untuk bisnis di mana material masuk dan keluar perusahaan secara teratur dan beban material tersebut memerlukan pemantauan, misalnya seperti perusahaan logistik, pertambangan, manufaktur, kelapa sawit, dan lain sebagainya. Pengemudi juga dapat dilatih untuk menggunakan sistem jembatan timbang otomatis dengan cepat, menghilangkan kebutuhan petugas operator dan membuka kemungkinan operasi timbangan selama 24 jam.

Selain itu, sistem ini juga dapat diadaptasi untuk hampir setiap penggunaan dan merupakan cara yang efisien untuk meningkatkan produktivitas dan arus jumlah keluar masuk material. Sehingga juga cocok digunakan untuk perusahaan konstruksi, pengelolaan sampah/limbah, pertanian, kimia, dan lain-lain.

Jika Anda tertarik untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda dan mengurangi biaya pengoperasian harian perusahaan segera hubungi kami dan dapatkan sistem jembatan timbang otomatis yang dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem Anda saat ini. Berkualitas bergaransi, dapatkan konsultasi gratis dan penawaran harga sekarang juga.