Pada era teknologi saat ini, perusahaan di berbagai sektor industri berlomba-lomba untuk meningkatkan efisiensi dan produktifikas mereka. Teknologi yang ditawarkan oleh jembatan timbang juga ikut berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi bisnis industri.

Jembatan timbang membantu perusahaan industri untuk menghemat waktu, menghemat biaya, meningkatkan keamanan, mempermudah dan mempercepat trafik keluar masuk barang, meningkatkan produktifitas, hingga mencegah kerugian serta mengoptimalkan profit.

Jembatan timbang memiliki berbagai macam jenis, ukuran, dan kapasitas berat tergantung aplikasi industrinya. Setiap perusahaan industri menggunakan timbangan yang berbeda sesuai kebutuhan mereka.

Lalu industri apa saja yang menggunakan jembatan timbang ? Di bawah ini adalah contoh 7 industri yang menggunakan jembatan timbang:

1. Industri Makanan & Minuman

Jembatan timbang digunakan pada industri makanan dan minuman terutama untuk menghitung jumlah bahan baku yang masuk, sehingga membantu perusahaan untuk mengkasilkan produk secara konsisten.

Timbangan ini juga digunakan untuk mengorganisasi level inventori serta mengukur jumlah dan nilai berat produk jadi yang akan dikirimkan ke pihak konsumen.

2. Industri Transportasi, Pengiriman & Logistik

Pemakaian jembatan timbang untuk sektor industri transportasi, pengiriman dan logistik lebih untuk memenuhi kebutuhan keamanan ketimbang meningkatkan profit. Perusahaan dapat menggunakan jembatan timbang pada proses pengiriman untuk menghemat biaya dan pelacakan produk. Namun menghitung berat secara akurat sangat penting untuk keamanan pengiriman.

Semua media transportasi yang digunakan dalam proses pengiriman seperti pesawat, kapal laut, kereta, dan truk memiliki batas beban maksimum yang harus ditaati untuk menghindari terjadinya kecelakaan dalam perjalanan.

3. Industri Kimia

Jembatan timbang juga sering digunakan pada perusahaan yang bergerak di sektor industri kimia, misalnya perusahaan tabung gas LPG. Ini karena timbangan truk menggunakan teknologi yang mencegah terjadinya percikan api pada timbangan menggunakan teknik konstruksi dan pengabelan khusus.

Hal ini membuat jembatan timbang sangat ideal digunakan pada lokasi dimana terdapat bahan kimia yang mudah terbakar. Dengan menggunakan jembatan timbang, perusahaan dapat mengurangi resiko kecelakaan kerja dan memastikan fasilitas mereka dapat beroperasi secara aman dan efisien.

Selain itu, pada contoh perusahaan tabung gas LPG dimana produk yang dikeluarkan memiliki nilai beban yang cukup tinggi, jembatan timbang membantu perusahaan tersebut dalam proses operasional pabrik untuk menghasilkan priduk dalam jumlah besar namun tetap aman.

4. Industri Elektronik

Pada industri elektronik, jembatan timbang terutama digunakan sebagai alat kontrol inventori untuk material yang masuk ke pabrik dan produk jadi yang keluar dari pabrik.

Komponen elektronik yang keluar masuk perusahaan biasanya berukuran sangat kecil dan dalam jumlah yang sangat besar. Untuk menghitung jumlah produk yang keluar masuk pabrik berdasarkan dari nilai beratnya secara akurat, maka perusahaan industri elektronik menggunakan jembatan timbang.

5. Industri Pertambangan

Ada berbagai jenis tambang dalam sektor industri pertambangan, misalnya seperti tambang batu bara, tambang pasir, tambang batu kuari, dan lain sebagainya. Tapi semua sektor pertambangan tersebut membutuhkan perangkat penimbangan yang kuat dan akurat. Karena itu perusahaan pertambangan menggunakan jembatan timbang.

Jembatan timbang digunakan pada situs tambang untuk mengukur berat hasil tambang dalam jumlah besar. Informasi berat ini kemudian digunakan untuk menghitung berapa besar jumlah dan nilai hasil tambang tersebut.

Timbangan ini juga digunakan untuk menimbang beban kendaraan yang mengangkut hasil tambang dari situs tambang dan memonitor proses produksi pengolahan hasil tambang.

6. Industri Pertanian & Perkebunan

Petani pada industri pertanian menggunakan jembatan timbang untuk mengukur jumlah bibit, pupuk, dan hasil panen pertanian atau perkebunan. Jembatan timbang digunakan petani untuk memastikan agar petani tidak dirugikan akibat penghitungan jumlah produk yang tidak benar oleh pihak pembeli.

7. Industri Limbah & Sampah

Perusahaan yang mengelola Tempat Pembuangan Akhir (TPA), yang mengambil dan mengumpulkan sampah dari perumahan atau perkantoran, mendapatkan keuntungan berdasarkan nilai berat limbah / sampah yang mereka kumpulkan. Karena itu perusahaan pada industri limbah dan sampah menggunakan jembatan timbang untuk mendapatkan hasil nilai berat yang akurat.

Setiap harinya, rumah tangga dan industri menghasilkan sampah atau limbah dalam jumlah yang sangat besar. Karena itu perusahaan yang bergerak di sektor industri limbah dan sampah ini sangat membutuhkan jembatan timbang yang dapat diandalkan dan juga tahan korosi.

Jika anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jembatan timbang terbaik yang bisa digunakan pada 7 industri di atas atau pada industri lainnya, maka anda dapat menghubungi GEWINN SCALE sekarang juga dan dapatkan konsultasi gratis mengenai jenis jembatan timbang apa yang paling cocok untuk perusahaan anda.